Langsung ke konten utama

KETERAMPILAN PROSES IPS

Ketrampilan Proses

CBSA yang kita anut adalah cara belajar siswa aktif yang mengandung tiga (3) unsur penting, yaitu pengetahuan, ketrampilan proses serta sikap dan nilai. Dalam bidang studi IPS sikap dan nilai apa yang perlu dikembangkan? Anak SD rata-rata berumur 6-12 tahun, dimana mereka memiliki sifat keingintahuan yang sangat besar. Melalui pengembangan ketrampilan proses, kita membekali anak didik dengan kemampuan dan kebiasaan “belajar bagaimana belajar”.

• Ketrampilan proses dasar.

• Ketrampilan proses lanjut/ integratif.

• Ketrampilan proses adalah ketrampilan proses kerja ilmiah yang diperlukan siswa untuk mengelola hasil belajarnya atau suatu bentuk pembelajaran yang didalamnya memberi pengalaman pada siswa dalam proses kerja ilmiah.

Keterampilan Proses Lanjut

- Mencari, menemukan, mengidentifikasi, masalah, merumuskan masalah.

- Mengidentifikasi variabel.

- Merumuskan hipotesis.

- Membuat instrumen.

- Pengumpulan data.

- Menganalisis data.

- Menyimpulkan.

Keterampilan Proses Dasar

- Mengamati (melihat, mendengar, meraba, membau, mengecap).

- Mengklasifikasi (mengelompokkan, mengkontraskan, mencari persamaan dan perbedaan).

- Menginterpretasikan (menaksir, menyimpulkan).

- Memprediksi (memperkirakan, kecenderungan).

- Menerapkan (menggunakan ...) Mengkomunikasikan (mempresentasikan, melaporkan, memperagakan, mendiskusikan).

Daftar keterampilan Proses Ilmu Pengetahuan Sosial 

• Mengumpulkan Data

• Mencatat Data

• Menafsirkan Data

• Menyajikan Penemuan

• Menilai Informasi

• Menyimpulkan dari taraf sederhana sampai yang lebih tinggi

• Menerapkan penemuan/perolehan 


Sumber

Sumber: Laellia Nurpratiwiningsih,M.Pd