• Kurikulum 1964 dan 1968, IPS diajarkan sejak kelas I SD.
• Kurikulum 1975, PKn dipisah dari IPS dan dinamai PMP. PMP diajarkan sejak kelas I tetapi IPS mulai kelas III.
• Kurikulum 1986, sejarah lokal tetap berada dalam IPS, tetapi sejarah nasional menjadi sub bidang studi tersendiri dan diajarkan mulai kelas IV.
• Kurikulum 1994, IPS diajarkan mulai kelas III, materinya terintegrasi yang ditunjang oleh berbagai disiplin ilmu.
• Kurikulum 2002 adalah KBK, IPS diajarkan mulai kelas I.
• Kurikulum 2006 adalah KTSP, yang mempunyai prinsip pengembangan dan terpadu dan tanggap terhadap perkembangan IPTEK.
Sistem Pengembangan Kurikulum
• Kurikulum di Indonesia dikembangkan di Pusat lalu disebarkan kepada para guru untuk dilaksanakan.
• Kurikulum IPS di Indonesia disusun berdasarkan pendekatan ganda, yaitu berorientasi kepada tujuan dan proses.
5 Teknik Pengembangan Kurikulum
- Pengembangan berdasarkan isi/ konten.
- Pengembangan berdasarkan konsep.
- Pengembangan berdasarkan ketrampiln proses (ketrampilan dasar).
- Pengembangan berdasarkan masalah.
- Pengembangan berdasarkan minat.
Sumber
Laellia Nurpratiwiningsih,M.Pd