HAKEKAT KONSEP DASAR IPS
1. Pengertian IPS
Kajian yang terkait dengan kehidupan sosial kemasyarakatan, menyangkut fenomena dan masalah sosial, terkait dengan hidup manusia dan lingkungannya . IPS didesain atas dasar fenomena dan realitas sosial dg pendekatan interdisipliner.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS menggunakan tiga dimensi dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan manusia secara keseluruhan. Ketiga dimensi tersebut meliputi dimensi: ruang, waktu, nilai/norma.
Menurut M. Numan Somantri (2001) : Program pendidikan IPS merupakan perpaduan cabang-cabang Ilmu-ilmu social dan humaniora termasuk di dalamnya agama, filsafat, dan pendidikan. Bahkan IPS juga dapat mengambil asek-aspek tertentu dan Ilmu-ilmu kealaman dan teknologi.
2. Maksud Pembelajaran IPS
Membentuk Pelaku-pelaku Sosial yang berdimensi:
-personal (akhlak mulia, disiplin, kerja keras, mandiri)
-sosial (cinta tanah air, semangat kebangsaan, toleransi, persatuan dan kesatuan)
-spiritual (iman, taqwa)
-intelektual (cerdas, terampil)
3. TUJUAN PEMBELAJARAN IPS
- Menjadi warga negara yang baik
- Membentuk peserta didik
- Mampu berfikir untuk memahami, menyikapi, beradaptasi, dan memecahkan masalah sosial.
- Memahami, mewarisi dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia.
- Mengembangkan potensi Peserta Didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
- Memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan melatih ketrampilan untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa diri sendiri/ masyarakat.
- Memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik.
Tujuan menurut Permendiknas no. 22
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dg kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
- Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan (dan kebangsaan).
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan mungkin berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk.
4. KARAKTERISTIK dan ARAH Pembelajaran IPS
- Menghayati dan mengakui nilai-nilai Pancasila Mengakui dan menghormati harkat manusia
- Menghayati dan mengakui nilai/ajaran agamanya Memupuk sikap toleran, arif, peduli, saling mengharagai
- Menghormati perbedaan dan mengembangkan kebersamaan
- Bersikap positif kepada bangsa dan negara serta kemauan untuk membelanya
- Menghormati milik orang lain dan milik negara Terbuka terhadap perubahan atas dasar nilai dan norma yang dimilikinya
- Menghayati dan mematuhi norma-norma dalam masyarakat
- Menyadari sebagai makhluk sosial ciptaan Allah
5. Hakekat Konsep Dasar IPS
- Ips merupakan mata pelajaran dasar di setiap jenjang pendidikan persekolahan.
- Tujuan utama IPS adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang memiliki sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang memadai sebagai bekal untuk berperan serta dalam kehidupan masyarakat yang demokratis.
- Isi pelajaran IPS digali dan diseleksi dari sejarah dan ilmu-ilmu sosial, humaniora dan sains.
- Pembelajaran IPS menggunakan cara-cara yang mencerminkan kesadaran pribadi kemasyarakatan, pengalaman budaya dan perkembangan kepribadian peserta didik.
Sumber: Laellia Nurpratiwiningsih,M.Pd